10 Jenis Bahan Kayu Pintu Anti Rayap

10 Jenis Bahan Kayu Pintu Anti Rayap

DAFTAR ISI

Kayu adalah salah satu bahan bangunan yang sangat populer terutama dalam pembuatan pintu. Salah satu aspek penting dalam pemilihan kayu yaitu daya tahannya terhadap rayap. Berikut adalah 10 jenis bahan kayu pintu anti rayap yang bisa Anda pertimbangkan.

Kayu Mahoni

Kayu mahoni merupakan pilihan yang tepat untuk membuat pintu. Selain daya tahannya yang kuat, kayu mahoni juga cukup stabil digunakan pada wilayah yang cukup lembab. Ciri khas tampilan kayu mahoni yaitu berwarna cokelat kemerahan dengan pola serat yang rapat.

Kayu Oak

Keunggulan kayu oak yaitu ketahanannya yang kuat serta kedap air. Tak jarang para pengrajin mebel sering menggunakan kayu ini untuk membuat pintu atau furnitur lainnya. Kayu oak merupakan salah satu bahan furnitur yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan daya tahannya serta kemudahan pengecatan sehingga bisa memberikan efek yang elegan.

Kayu Kenari (Walnut)

Kayu kenari memiliki ciri khas yang mencolok serta menampilkan warna cokelat yang menawan. Tampilannya yang unik menjadikan kayu ini cocok untuk bahan pintu rumah. Untuk kualitasnya, kayu kenari tidak perlu diragukan lagi. Selain tahan terhadap kelembapan, kayu ini juga anti jamur. Tidak heran jika kayu kenari dibanderol dengan harga yang mahal.

Kayu Jati

Kayu jati merupakan salah satu dari jenis-jenis bahan kayu pintu anti rayap. Kayu ini sangat populer karena memiliki daya tahan yang luar biasa. Sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan pintu eksterior. 

Karakteristik tampilan kayu jati yaitu berwarna cokelat yang anggun sehingga bisa memberikan kesan yang hangat untuk ruangan mana pun. Meskipun harganya relatif mahal, namun kualitasnya sepadan. Kayu ini bisa menjadi investasi terbaik bagi rumah Anda karena dapat bertahan lama. 

Kayu Kamper

Selanjutnya ada kayu kamper yang cocok digunakan untuk membuat pintu atau jendela. Kayu ini memiliki aroma yang mirip dengan kamper sehingga terkenal akan daya tahannya terhadap serangan rayap. 

Selain daya tahan, kayu kamper juga unggul dalam aspek kekuatannya serta ketahanannya terhadap perubahan cuaca. Motif kayu kamper juga menampilkan keindahan dan estetika tersendiri. Kayu kamper sering dijadikan sebagai pilihan alternatif kayu jati karena harganya yang lebih murah.

Kayu Merbau

Jenis-jenis bahan kayu pintu anti rayap selanjutnya yaitu kayu merbau. Kayu ini bersifat keras, kuat, dan berumur panjang. Karakteristik tampilannya memiliki warna cokelat kemerahan dengan serat yang berupa garis putus-putus. Oleh karena itu, kayu merbau cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pintu. Sebagai sentuhan akhir, pembuatan pintu diberikan finishing dengan melamin warna gelap untuk mempercantik penampilan.

Kayu Pinus

Kayu pinus memiliki peminat yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan karakteristik kayu yang halus serta memiliki bobot yang ringan. Sangat cocok digunakan untuk membuat pintu atau jendela karena memiliki daya tahan yang kuat terhadap perubahan suhu.

Kayu Ulin

Kayu ulin adalah kayu yang berasal dari Kalimantan. Kayu ulin bersifat kuat, berat, keras, tahan banting, dan anti rayap. Dengan begitu, kayu ini cocok dimanfaatkan untuk membuat pondasi bangunan, atap rumah, serta kusen dan pintu.

Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling memiliki karakteristik yang keras serta memiliki warna yang gelap. Meskipun begitu, teksturnya tergolong lembut sehingga mudah diolah menjadi berbagai jenis furnitur tanpa perlu diamplas. Bagian tengah kayu sonokeling mengandung getah alami yang berfungsi untuk menangkal rayap dan jamur. Kayu ini bisa bertahan lama tanpa perlu ditambah obat-obatan lagi. 

Kayu Sengon Laut

Kayu sengon laut memiliki banyak sebutan yang berbeda. Beberapa diantaranya yaitu kayu jeungjing dan kayu selawaku. Kayu ini bisa tahan terhadap serangan rayap karena memiliki zat ekstraktif di dalamnya. Oleh karena itu, kayu sengon laut cocok digunakan sebagai bahan bangunan rumah seperti kusen, tiang, dan kasau.  

Memilih bahan kayu untuk pintu memerlukan ketelitian agar bisa menjaga keindahan dan daya tahannya. Dengan memahami jenis-jenis bahan kayu pintu anti rayap di atas, Anda bisa memastikan pintu rumah bisa tetap terlihat indah dalam jangka waktu yang lama. Disertai dengan perawatan yang tepat, pintu anti rayap menjadi sebuah investasi jangka panjang untuk rumah Anda. Berikit diatas adalah 10 jenis bahan kayu pintu anti rayap

Gani Hartono

“Doubt kills more dreams than failure ever will"
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email