7 Cara Memilih Warna HPL yang Tepat Untuk Furnitur

hpl meja anti air

DAFTAR ISI

Memilih warna (HPL) atau yang biasa disebut dengan High Pressure Laminate adalah keputusan yang penting karena warna memiliki dampak besar pada estetika perabotan dalam sebuah ruangan. HPL adalah bahan laminasi yang umum digunakan untuk melapisi permukaan furnitur, seperti lemari, meja, laci bahkan kitchen set. Karena instalasi yang mudah yakni tinggal direkatkan saja, membuat berbagai macam perabotan menjadi elegan dan mewah. Terdapat berbagai macam HPL dari segi kualitas, warna dan tekstur, sehingga Anda perlu memastikan bahwa HPL yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan perabotan dan kondisi ruangan.  Berikut adalah beberapa tips 7 Cara Memilih Warna HPL yang Tepat Untuk Furnitur

Pertimbangkan Gaya Desain Interior

Memilih warna HPL yang tepat mengharuskan Anda untuk memahami dan mempertimbangkan gaya desain interior ruangan. Gaya desain, seperti minimalis, kontemporer, atau vintage, memiliki ciri khas warna yang khas.

Opsi Warna HPL

Sebagai contoh, desain minimalis cenderung menggunakan warna netral seperti putih dan abu-abu, sementara desain klasik mungkin melibatkan warna-warna yang lebih hangat dan mewah seperti floral, dedaunan dan kombinasi motif-motif ramai. Dengan memahami gaya desain yang diinginkan, Anda dapat memilih warna HPL yang konsisten dengan tema keseluruhan ruangan, menciptakan kesan visual yang menyatu.

Warna Dasar Ruangan

Warna dasar ruangan merupakan faktor penting dalam memilih warna HPL, karena warna tersebut dapat memengaruhi suasana estetika. Jika dinding dan lantai ruangan memiliki warna tertentu, penting untuk memilih warna HPL yang mampu melengkapi atau kontras dengan warna-warna tersebut. Sebagai contohnya, jika ruangan memiliki dinding berwarna terang, maka memilih HPL dengan warna yang senada atau kontras dapat menciptakan perpaduan yang seimbang dan menarik. Koordinasi warna dengan elemen dasar ruangan adalah langkah penting untuk mencapai estetika yang diinginkan.

Fokus pada Warna Utama

Menentukan satu atau dua warna utama yang ingin ditonjolkan dalam ruangan membantu Anda dalam memilih warna HPL. Warna utama ini bisa berasal dari warna furnitur lain, lukisan dinding, atau aksesori dekoratif.

cara memilih warna hpl yang tepat untuk berbagai furnitur

Misalnya, jika ruangan memiliki furnitur dengan aksen biru, memilih warna HPL yang memiliki sentuhan biru dapat menciptakan kesinambungan dan fokus visual. Dengan berfokus pada warna utama, kita dapat menciptakan alur desain yang saling melengkapi dan memberikan kesan ruangan yang teratur dan seirama.

Lihat Ukuran Ruangan

Mempertimbangkan ruangan juga menjadi salah satu cara memilih warna HPL yang tepat untuk berbagai furnitur. Dimensi ruangan berperan penting dalam pemilihan warna HPL. Warna memiliki kemampuan untuk mempengaruhi visual sebuah ruangan. Ruangan yang kecil mungkin terlihat lebih besar dengan penggunaan warna terang, seperti putih atau krem, yang dapat menciptakan kesan ruang terbuka. Di sisi lain, ruangan yang luas dapat merasa lebih hangat dan nyaman dengan penggunaan warna yang lebibh gelap seperti coklat atau abu-abu tua. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan ukuran ruangan dan efek visual yang diinginkan sebelum memilih warna HPL yang tepat, sehingga menciptakan keseimbangan yang tepat antara warna dan dimensi ruang.

Kemudahan dalam Perawatan

Kemudahan perawatan HPL perlu diperhitungkan dalam konteks penggunaan sehari-hari. Warna-warna terang mungkin lebih rentan terhadap noda dan kusam, sedangkan warna gelap bisa menyamarkan noda tetapi terkadang lebih cepat terlihat kusam.

hpl meja anti air

Oleh karena itu, sebaiknya dipertimbangkan berapa lama furnitur tersebut akan digunakan dan apakah diperlukan perawatan tambahan. Misalnya, dalam ruangan yang sering digunakan, seperti dapur atau ruang makan, pemilihan warna yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda mungkin menjadi prioritas utama.

Tetap pada Palet Warna Netral

Palet warna netral, seperti putih, abu-abu, dan beige, sering menjadi pilihan aman dalam memilih warna HPL. Warna-warna ini memiliki fleksibilitas untuk berpadu dengan berbagai desain dan aksen warna. Selain itu, palet warna netral juga memberikan kesan kesederhanaan dan elegan, yang sesuai dengan berbagai gaya desain interior. Dengan memilih warna HPL yang netral, Anda dapat menciptakan latar belakang yang netral untuk kemungkinan penambahan aksen warna atau perubahan dekorasi di masa mendatang tanpa mengganti furnitur utama.

Perhatikan Cahaya Ruangan

Cara memilih warna HPL yang tepat untuk berbagai furniture selajutnya adalah dengan mempertimbangkan factor pencahayaan ruangan. Faktor pencahayaan ruangan memiliki dampak yang signifikan dalam memilih warna HPL. Jumlah dan jenis pencahayaan, baik alami maupun buatan, dapat memengaruhi persepsi warna. Jika ruangan memiliki banyak cahaya alami (yang masuk melalui ventilasi), hal ini jelas membuka berpeluang bagi Anda untuk menggunakan warna yang lebih gelap tanpa mengurangi kecerahan ruangan secara keseluruhan.

Sebaliknya, ruangan dengan pencahayaan terbatas mungkin memerlukan pemilihan warna yang lebih terang untuk meningkatkan kecerahan dan kesan ruang yang lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan aspek pencahayaan ini dalam memilih warna HPL, sehingga warna yang dipilih tetap konsisten dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Gani Hartono

“Doubt kills more dreams than failure ever will"
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email