Cara Alami Membasmi Nyamuk di Rumah

nyamuk anopheles

DAFTAR ISI

Cara alami membasmi nyamuk saat ini sangat lah diperlukan. Terutama pada musim hujan yang sedang kita jalani sekarang.

Tingginya curah hujan membuat banyak genangan air dimana-mana. Genangan-genangan air tersebut akan menjadi tempat yang cocok bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Kehadiran nyamuk memang sangat mengganggu. Suara dengungan yang berisik serta rasa gatal dari gigitannya membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Selain suara yang bising dan juga gigitannya yang gatal, nyamuk juga bisa merugikan manusia, loh. Ada spesies-spesies nyamuk tertentu yang dapat membawa penyakit mematikan pada manusia.

Penyakit-penyakit tersebut diantaranya adalah demam berdarah dengue (DBD), malaria, kaki gajah, chikunguya, dan demam kuning. Wah ngeri banget, ya, guys…

Biasanya, orang-orang akan menggunakan obat anti nyamuk untuk membasmi serangga yang menyebalkan ini. Namun, tahukah kamu kalau cara membasmi nyamuk dengan menggunakan  obat akan menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan?

Maka dari itu, pada artikel kali ini, We Team akan membahasa cara membasmi nyamuk secara alami, tanpa menggunakan obat.

Mengenal Jenis-jenis Nyamuk dan Penyakit yang Dibawanya

Nyamuk kebon nempel di pipi

I was born to make you happy~

Yuk, kita kenalan dengan jenis-jenis nyamuk yang biasa kita jumpai di Indonesia! Ada apa aja, sih? Dan gimana ciri-cirinya? Terus bahayanya mereka itu apa aja?

1. Nyamuk Aedes

Spesies dari nyamuk Aedes yang paling sering kita jumpai adalah Aedes aegypti. Nyamuk ini membawa virus dengue yang ketika masuk ke dalam tubuh manusia bisa menyebabkan penyakit demam berdarah.

Jadi bagi kalian yang belum tau, penyakit DBD itu bukan disebabkan oleh nyamuk secara langsung.

Tetapi, si nyamuk ini membawa virus yang akan menginfeksi manusia ketika si nyamuk sedang menyedot darah manusia tersebut. Ibaratnya nyamuk ini sebagai kurirnya gitu.

Nyamuk Aedes sp. bertelur pada tempat yang hangat, maka dari itu nyamuk ini banyak dijumpai di Indonesia yang beriklim tropis.

Karena Aedes sp. cocok di tempat hangat, mereka biasanya menyerang pada pagi hingga sore hari, di saat matahari masih bersinar dan belum tenggelam.

Aedes sp. memiliki ciri-ciri fisik berupa tubuh yang memiliki bitnik-bintik putih. Karakteristik ini yang membedakannya dengan nyamuk-nyamuk jenis lain.

Selain demam berdarah, nyamuk Aedes sp. juga bisa membawa penyakit lain.

Nyamuk ini dicatat bisa membawa virus zika yang menyebabkan penyakit zika dari Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Selain zika, penyakit chikunguya juga dibawa oleh nyamuk jenis ini.

cara alami membasmi nyamuk di rumah

2. Nyamuk Anopheles sp.

Nyamuk Anopheles sp. biasa disebut masyarakat umum sebagai nyamuk rawa. Anopheles merupakan nama genus nyamuk yang memiliki 460 spesies berbeda di dalamnya, menurut Mosquito World.

Nyamuk ini hanya bisa bertelur pada genangan air bersih, seperti pada rawa, bak mandi, sawah, kolam, dan genangan air bersih lainnya.

Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk menguras kolam dan bak mandi secara teratur, juga menghindari adanya genangan air pada area rumah.

Nyamuk ini bisa dikenali dari tubuhnya yang berwarna pucat dengan sayap berwarna gelap.

Berbeda dari Aedes yang aktif pada saat pagi hingga sore, Anopheles sp. akan aktif pada malam hari, baik di dalam maupun luar ruangan.

Nyamuk jenis ini juga bisa menularkan penyakit mematikan bagi manusia seperti malaria.

Fakta lain dari nyamuk ini adalah, ketika mereka menggigit manusia, mereka juga sekaligus melepaskan 50-150 butir telurnya ke tubuh manusia. Wow!

cara alami membasmi nyamuk di rumah

Gani Hartono

“Doubt kills more dreams than failure ever will"
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email