Intip 6 Material Yang Cocok Untuk Pintu Kamar Mandi

Pintu Kamar Mandi dari Kaca

DAFTAR ISI

Pintu kamar mandi tidak hanya sekedar pintu yang memiliki fungsi “buka dan tutup” saja, namun lebih dari itu, pintu kamar mandi juga berfungsi sebagai bagian dari akesoris interior rumah, yang jika dilihat dari dalam maupun dari luar kamar mandi, harus tetap cantik dari segala sisi. Dalam memilih material atau bahan baku untuk pintu kamar mandi, selain estetika, pertimbangan juga daya tahan terhadap kelembaban, dan juga estetika desain. Kali ini kita akan membahas apa saja material yang cocok untuk pintu kamar mandi.

1. Kaca Memberikan Kesan Elegan dan Modern

Pintu kamar mandi berbahan kaca adalah pilihan yang populer untuk desain interior modern. Kaca memberikan look yang mewah, memperluas ruang visual, dan menciptakan nuansa yang bersih. Kaca yang digunakan biasanya jenis tempered glass untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan terhadap guncangan. 

Keuntungan utama dari pintu kamar mandi berbahan kaca adalah pencahayaannya yang lebih optimal, sehingga membuat ruangan akan terkesan lebih luas. Namun, perlu diingat bahwa kaca memerlukan perawatan khusus untuk menghindari noda air dan sidik jari.

2. Kayu Untuk Menambah Kesan Hangat dan Klasik

Pintu Kamar Mandi dari kayu alami

Terkait dengan pertanyaan, apa saja material yang cocok untuk pintu kamar mandi, pintu kamar mandi berbahan kayu adalah solusi material yang tepat untuk kamar mandi sebab mampu memberikan sentuhan klasik dan hangat pada desain interior. Kayu mampu memberikan nuansa alami dan sejuk, cocok untuk berbagai gaya dekorasi perabotan ruangan, khususnya pintu kamar mandi. Namun, perlu dipilih kayu yang tahan terhadap kelembaban, seperti jati tua atau bengkirai, untuk mencegah kerusakan akibat percikan air secara terus-menerus.  

Untuk desain, Anda bisa memilih pintu kamar mandi kayu dengan lubang panjang menyerong jika kamar mandi terletak outdoor, namun jika indoor, pilihan pintu kayu tanpa lubang adalah pilihan paling tepat. Sementara untuk pilihan finishing yang tepat, pertimbangkan lapisan pelindung tahan air yang dapat menjaga daya tahan dan memberikan perlindungan ekstra terhadap kelembaban.

3. PVC Ekonomis dan Tahan Lama

PVC adalah material yang paling ekonomis diantara semua bahan. Pintu kamar mandi jenis ini tahan air dan tahan debu. Bahan yang digunakan adalah PVC yang sering ditemukan pada bahan pipa air, mudah dibersihkan, dan tidak rentan terhadap pembusukan atau deformasi akibat kelembaban. 

Pilihan warna dan tekstur yang beragam membuat pintu kamar mandi berbahan plastik PVC dapat disesuaikan dengan berbagai tema dekorasi. Kelebihan lainnya adalah harga yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas.

4. Aluminium 

Untuk pilihan material yang cocok untuk pintu kamar mandi selanjutnya adalah alumunium. Pintu kamar mandi berbahan aluminium memberikan kombinasi antara kekuatan, ringan, dan ketahanan terhadap korosi. Aluminium adalah pilihan yang ideal untuk lingkungan yang cenderung lembab karena tahan terhadap kelembaban. Selain itu, pintu kamar mandi aluminium cenderung ringan dan mudah untuk dibuka dan ditutup. Finishing pada aluminium dapat mencakup berbagai pilihan warna, ketebalan  dan tekstur, memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih mana yang paling tepat untuk kamar mandi Anda. 

5. Akrilik Agar Terlihat Transparan dan Modern

Pintu kamar mandi berbahan akrilik adalah pilihan modern yang memberikan tampilan transparan pada ruangan sehingga mampu menciptakan kesan modern layaknya kamar mandi di mall. Akrilik lebih ringan daripada kaca, membuatnya lebih mudah untuk diinstal. Selain itu, akrilik dapat dicetak dengan berbagai desain atau pola, memberikan opsi dekoratif yang lebih beragam. Kekurangannya adalah rentan terhadap goresan, sehingga perawatan yang sangat hati-hati diperlukan untuk mempertahankan penampilannya agar tetap berkilau.

6. Fiberglass

Fiberglass adalah opsi terakhir material yang cocok untuk pintu kamar mandi. Material fiberglass cukup ringan dan tahan lama juga tahan air, menjadikannya pilihan yang tepat untuk pintu kamar mandi. Fiberglass dapat dicetak dengan tekstur dan warna yang mirip dengan kayu atau batu alam. Selain itu, kelebihan fiberglass adalah daya isolasinya yang baik, membantu menjaga suhu kamar mandi agar tetap dingin. Meskipun cukup awet dan tahan lama, perlu diingat bahwa fiberglass dapat tergores dengan mudah, sehingga diperlukan perawatan ekstra.

Gani Hartono

“Doubt kills more dreams than failure ever will"
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email