Rumah Impian Sederhana: Inilah Kunci Cara Mewujudkannya

rumah impian sederhana

DAFTAR ISI

Rumah Impian Sederhana

Rumah merupakan salah satu dari tiga kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Rumah adalah tempat dimana peradaban dimulai. Jadi betapa pentingnya rumah, yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk melindungi diri sendiri. Namun lebih dari itu, rumah impian sederhana merupakan wadah untuk membangun struktur keluarga, yang kemudian melahirkan anak-anak yang berkualitas. Kondisi ekonomi yang sering tidak stabil berdampak kurang baik bagi kalangan menengah ke bawah. Terutama kelompok rentan yang sangat sensitif terhadap goncangan ekonomi. Selain itu, meningkatnya permintaan perumahan juga mengakibatkan harga-harga yang terus melambung tanpa batas. Bagi sebagian warga kelas atas, mungkin ini bukan masalah yang terlalu rumit untuk dipikirkan. Selama ada uang, apapun akan tetap mudah didapatkan. Namun harga yang semakin tidak terjangkau menjadi malapetaka bagi sebagian besar warga.

Terbukti pada tahun 2015, sebanyak 40% masyarakat Indonesia tidak dapat membeli rumah. Mari kita perhatikan kalimatnya, tidak bisa membeli. Artinya stok tersedia, tetapi masyarakat tidak mampu membelinya. Memahami ketidakmampuan, sebenarnya tidak selalu harus menyalahkan keadaan. Padahal, ketika kita memahami bahwa harga rumah terus melonjak setiap saat, ada satu hal yang harus dilakukan, yaitu persiapan. Persiapkan diri Anda agar kedepannya tetap bisa membeli rumah, tidak terkendala oleh satu atau dua hal yang pasti akan terjadi. Kunci utamanya ada pada diri sendiri, adalah kemampuan mengatur pendapatan. Sejak kapan saya harus mulai mengelola? Sejak saat ini. Manajemen pendapatan dapat diartikan sebagai persiapan keuangan (tabungan) yang akan digunakan untuk membeli rumah, baik secara tunai maupun secara mencicil.

Kesadaran tentang kemampuan finansial

kemampuan finansial

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyadari kemampuan Anda. Sesuaikan jumlah pendapatan dengan target yang ditetapkan. Anda juga harus benar-benar memikirkan jangka waktu. Baik jangka waktu untuk menyimpan jumlah yang dibutuhkan, atau jangka waktu pembiayaan pembelian rumah. Apabila anda ingin meningkatkan kemampuan finansial anda, anda bisa melakukan investasi dengan harapan dapat membantu mencapai target dalam memiliki rumah impian sederhana anda.

Pengalokasian Pendapatan

pengalokasian pendapatan

Selanjutnya, lakukan alokasi pendapatan. Misal penghasilan Anda 5 juta/bulan, sedangkan target rumah yang Anda inginkan adalah 200 juta. Setelah mempertimbangkan semua kebutuhan Anda, Anda memutuskan untuk mengalokasikan 25% dan pendapatan untuk ditabung atau dicicil. Artinya sebanyak 1.125 ribu/bulan dari penghasilan Anda yang digunakan untuk membeli rumah di kemudian hari. Hitung jangka waktunya, jika targetnya 200 juta, sedangkan dana yang dialokasikan 1.125 ribu/bulan, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 13 tahun untuk bisa membeli rumah. Begitu seterusnya, sesuaikan dengan jumlah pendapatan dan target harga rumah yang Anda inginkan.

Perhitungan ini juga berlaku bagi Anda yang memutuskan untuk membeli rumah dengan cara mencicil. Pastikan jumlah angsuran yang harus dibayarkan per bulan sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengalokasikan pendapatan.

Gani Hartono

“Doubt kills more dreams than failure ever will"
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on email